run teks

Biarpun Buruk Begini Blogkuini Berharap Bisa Bikin Betah Berselancar Bareng Bloger Brilyan Bumiputra dan Bloger Bule

Balai Bahasa

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 15 Desember 2010

Akhirnya Aku Go Blog Meski Tetap Goblok

 Pada kenyataannya aku mengenal blog  hari Jumat,24 April 2009. Adikku datang dari Jakarta ke rumahku, lalu utak-atik HP baruku Sonny Ericson K 550i. Dipakailah modem pada PC  jadulku buat akun segalanya. Emai,Blog,Face book,dan Multiply. Kubiarkan  dia begitu.Kutinggalkan,lalu aku pergi ke sekolah. Pulang kerja , ditunjuklah  akun-akun yang telah dibuat untukku. Aku senang aja ,lihat – lihat sebentar (dia yang klik-klik) aku melotot aja. Otakku bleng tentang itu , jadi manggut-mangut tanpa ingin bertanya (karena emang nihil pertanyaan di kepala).Ya sudahlah….! Segera jumatan ke masjid terdekat.
Esok hari dia balik ke Jakarta.Sekian hari baru aku aku coba pasang copot modem HP itu di PC.
Ini saja berhari-hari.Maklum: 
1. Orang udik…………gagap teknologi,
2. Hidup di desa……jadul perkembangan teknologi,
3. PC ku bekas,aplikasinya kembang kempis ……puasa senen kemis,
4. Modem dan HP……ya………tukar fungi terus…. Praktis Blogku dan akun-akun lain  terbengkalai tanpa tahu apa dan bagaimana kelanjutannya………..jadilah aku goblok saat go blog!
Tapi satu sisi aku berhasil kirim arikel ke Bali Post manfaatkan akun mailku…he..he..sueneng banget.Tambah semangat ingin  internetan namun tak berdaya.Duh, lelahnya bongkar pasang modem hp. Pertengahan tahun 2010 ,tempat kerjaku ada fasilitas modem .Wow, girang .Aku coba belajar lagi klik,klik dunia maya.Wow, senang bak kepayang.Facebooknya mulai bisa kumainkan.Hm bahagianya.Sedang blogku,ah..tetap misteri karena nggak ngerti caranya masuk dan posting.Terus aku coba klik,klik aja blog itu…gak bisa…setengah mati.Tapi satu ilmu aku dapat,klik Google Search.Aku terus kalut ,galau ingin segera posting-posting  karena aku suka nulis apa saja.Tapi gak juga ngerti.Goblok.
 Maret 2010 aku punya Laptop Baru.Semakin tertantang taklukkan blog.Tetep gak ngerti. Juli aku beli modem Huawei,pake kartu gsm. Internetan hanya sebatas mail dan google seach saja menambah kesyikan.Blogku semakin tak terurus.sedang facebookan gak begitu sering ..agak malas.Sinyal gsm dua tiga dua tiga di desaku. 
2 Oktober 2010 , istri dapat hadiah modem fleksi .  Wisudawan berprestasi.Wah, ini kesempatan berlama-lama jelajah.Unlimitet 6 bulan,gratis pula.BLOG adalah targetku.Saat inilah aku mulai terpikir kenapa gak tanya  mbah google tentang blog.Ide cemerlang! Semangat aku unduh ke mbah google.Akhirnya kutemukan tutorial blog,macam Blognya Kang rahman,Blog ernas,mas usup.mas suhartono,Tip Membuat Blog,OOM blog.Terima kasih tak terhingga kepada mbah google dan bloger tersebut.Allah yang akan membalasnya. Aku beli Buku mahir ngeblog dalam 6 jam dengan wordpress ,karya andreas HP  penambah wawasan.  24 Oktober 2010, bongkar pasang templat. Dengan tertatih , try and trial.Susah payah berjam-jam  klik klak klik. Pernah semalaman hanya  bongkar pasang header dan pasang kotak komen. Hasilnya gak sesuai harapan.Kotak komen gak muncul. Lagi-lagi try n trial  tutorial .Nihil.Pikirku ada yang gak beres di Edit HTML nya.Lemas,kubiarkan saja blogku  dangan nama msutrisnows. 
3 November 2010,kuedit blogku .Eh….belum juga muncul kotak komen .capek deh.Tapi lumayan gadget yang lain , teraplikasi dengan baik. 17 November coba lagi,hasilnya kerja semalaman otak-atik kode htmlnya  tidak membuahkan hasil maksimal.Gregetan.Awas,ya! Libur semester,awal Desember 2010 mulai kumengancam.Aku mau buat lagi,blog  baru.Nekad ,dua malam satu hari aku kerjakan. Jadilah,kuberi judul BB blog pada hari Minggu tanggal 12 Desember 2010.Harapanku blogku sudah sempurna kayak punya bloger lain,ada kotak komennya.BB blog,maksudnya Bale-bale karena laman kuberi nama dengan bale.Atau berinisial B semua. Duh…menguras pikiran dan mata.Coba di cek keesokan harinya(karena terkadang aplikasi baru muncul setelah 24 jam),hasilnya ,ah …dak muncul juga kotak komennya.Aduh………pusing……kubiarkan lagi sambil nyari strategi baru…..(ayo semangat!)
Pagi,Senin 13 Desember aku cek  lagi,penasaran,karena sudah aku ikutin semua tata cara buat blog dari awal.Tip trik dari Kang rahman Blog ernas dll sudah kujalani..Ternyata ….. gak muncul juga kotak komentarnya.Mati aku.Putus asa.Ahhhhhhhhh…..
Malam selasa ,13 Desember 2010.Bertemu teman, jauhnya 30 km dari tempat tinggalku.Aku bawa modem fleksi,dia bawa laptop.Ah, iseng..kubuka aja blogku.Wow, melompat kegirangan aku….kotak komen sudah muncul…..ALHAMDULILAH,terimakasih Tuhan,terimaksih mbah google,kang rahman,mas ernas,mas usup,mas suhartono,OOm com,Cloklik,shotmik,dll..You are my spirit!
Selasa pagi,13 Desember 2010 kubuka dengan girang,dari rumahku dengan laptopku! Oh,ala…..kok gak muncul lagi.Mengapa?Kacau lagi nih,kenapa ya?Di sana muncul ,di sini gak? Kuputer otak mencari jawaban.Satu perkiraanku ,…..SINYAL…di tempatku kurang maksimal sehingga tampilan aplikasi blog tidaklah maksimal(masak sih…tolong bloger seniorku kasih jawaban n solusinya ya?Please!) By The Way,masa bodoh deh yang penting dah ada,muncul atau tidak di laptoku urusan belakang.Yang penting setelah setahun lewat belajar blog aku berhasil GO BLOG meski tetap GOBLOK!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar